Sempat Viral dan Tak Miliki IMB, Hanggar Talasalapang Ditutup Sementara

29 June 2022 22:27
Sempat Viral dan Tak Miliki IMB, Hanggar Talasalapang Ditutup Sementara

POSMAKASSAR.COM – ADS Mini Soccer dan Foodstatoin and Entertainment Hanggar Tala’salapang akhirnya ditutup untuk sementara waktu oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Penutupan sementara itu berlaku mulai 30 Juni hingga 6 Juli 2022 atau selama waktu tujuh hari ke depan.

Penutupan tersebut berdasarkan hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi A DPRD Makassar bersama Pemkot Makassar dan pihak pihak pengelola ADS Mini Soccer dan Hanggar Tala’salapang, Rabu (29/6/2022).

Dalam RDP tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar telah mengeluarkan rekomendasi penutupan sementara kedua usaha dimaksud, setelah sebelumnya dilokasi tersebut  sempat viral di media sosial (Medsos) video yang memperlihatkan aksi joget pengunjung yang tak patut dijadikan contoh di masyarakat.

Ketua Komisi A DPRD Makassar, Rachmat Taqwa Quraisy (RTQ) yang dikonfirmasi membenarkan pihaknya telah merekomendasikan ADS Minisoccer dan Hanggar Tala’salapang untuk sementara ditutup (cooling down) selama tujuh hari ke depan.

Kata dia, selain sempat viral, Hanggar dan ADS Mini Soccer yang berdiri di atas satu lahan, juga tidak memilki izin mendirikan bangunan (IMB).

“Sebelumnya masyarakat Makassar mengecam video yang viral itu, disana ada aksi joget-joget ala diskotik. Selain itu, usaha yang ada pada lahan tersebut juga belum memiliki IMB. Jadi kami rekomendasikan ditutup sementara,” kata RTQ, Rabu (29/6/2022) malam.

Legislator PPP itu mengatakan, rekomendasi penutupan sementara dilakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada masyarakat. Disisi lain, pihaknya juga memikirkan nasib para pekerja dan pengusaha yang berjualan di Food Court Hanggar itu.

“Pihak pengelolanya kita berikan waktu tujuh hari untuk melengkapi perizinan. Sejauh ini baru Surat Keterangan Rencana Kota (KRK) yang terbit, namun IMB belum terbit,” jelasnya.

Jika dalam tujuh hari nantinya pihak Hanggar dan ADS Mini Soccer tidak melengkapi izin tersebut, kata RTQ, maka pihaknya bersama Pemkot Makassar akan menindak sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Kami akan menindak sesuai dengan aturan yang ada. Kita akan perintahkan dinas terkait untuk disegel. Makanya tadi RDP nya kita skorsing bukan ditutup,” jelasnya.

Sebelumnya, RTQ mengungkapkan, pemanggilan pihak Hanggar juga terkait dengan banyak keluhan dan laporan masyarakat yang masuk ke DPRD Makassar.

“Banyak juga laporan masyarakat bahwa pihak Hanggar menimbulkan keresahan masyarakat. Pasalnya suaranya mengganggu kenyamanan penduduk sekitar,” katanya.

Sementara itu, Camat Rappocini Syahruddin S Sos yang dihubungi secara terpisah, membenarkan penutupan kedua tempat usaha tersebut.

Kata dia, penutupan itu berdasarkan hasil RDP.

“Penutupan sementara. Hal itu dilakukan agar pihak pengelola bisa menyelesaikan perizinan yang dibutuhkan, dan secara bersamaan juga ada masalah yang beberapa hari ini viral di Sosmed dan itu diakui juga pihak pengelola Hanggar,” ungkap Syahruddin, Rabu (29/6/2022).

“Jadi kita minta mereka selesaikan perizinannya dan kedepan kita harap tidak ada lagi aksi joget seperti yang sempat viral itu,” tutupnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya