Cegah Kebocoran Pajak, Bapenda Makassar Pasang CCTV Pada Usaha Restoran

01 July 2022 23:07
Cegah Kebocoran Pajak, Bapenda Makassar Pasang CCTV Pada Usaha Restoran

POSMAKASSAR.COM – Mencegah terjadinya kebocoran pajak, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassar mulai memasang CCTV untuk memonitoring pengunjung pada usaha-usaha restoran.

Kepala Bidang Pajak Restoran Bapenda Makassar, Hariman mengatakan bahwa pemasangan CCTV tersebut, akan berlangsung selama tiga hari.

“Sudah ada empat restoran yang kita dipasangi CCTV, antara lain Pallubasa Serigala di Jalan Serigala, Mi Anto Jalan Sumba, Sun Citie di Jalan Lasinrang, dan Mega Rasa di Jalan Landak,” ungkapnya saat di temui wartawan di Pallubasa Serigala, Jumat (1/7/2022).

“Nanti kita akan pasang di tempat lain juga, kita pantau dulu perkembangannya,” tambahnya.

Pemasangan CCTV ini, kata dia, dipantau langsung di Kantor Bapenda, sehingga siapapun yang datang ke restoran tersebut akan terlihat.

Tujuannya agar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa tercapai. Apalagi Pemkot Makassar menarget PAD Rp2 triliun tahun 2022.

“Yang jelas salah satu peningkatan PAD yang didorong pak Wali yakni pemantauan CCTV di beberapa wajib pajak,” jelasnya.

Sebenarnya, restoran-restoran tersebut menyetor pelaporan secara online terkait omset yang mereka dapatkan.

Hanya saja masih banyak restoran yang tidak melaporkan sesuai dengan yang mereka dapatkan tiap hari.

Untuk itu, lanjut Hariman, dengan adanya CCTV tersebut, pihaknya bisa memantau langsung sekaligus menjadi bahan perbandingan data pajak yang disetor oleh pengelola restoran.

“Dalam artian, kalau pelaporan online mereka yang input sendiri. Dengan pemantauan CCTV ini, minimal kita punya data pembanding berapa pajak yang meraka laporkan dan berapa yang ada di CCTV,” paparnya.

Selain itu, tim uji petik juga tetap melakukan pemantauan langsung di restoran agar tak ada cela kebocoran pajak.

Adapun target pajak restoran tahun ini sebesar Rp230 miliar. Target tersebut mengalami penambahan dari tahun 2021 lalu, yakni dari Rp140 miliar bertambah Rp 90 miliar menjadi Rp230 miliar.

“Progres tahun ini lebih tinggi dari tahun sebelumnya di bulan yang sama. Ada kenaikan Rp30 miliar,” terangnya.

Terpisah Kepala Bapenda Makassar, Firman Hampir Pagarra mengemukakan, pemasangan CCTV diawali di beberapa tempat-tempat restoran dan rumah makan.

“Berhubungan hal tersebut, maka kami dari Bapenda Makassar sudah berkoordinasi dengan beberapa pihak rumah makan dan restoran,” tuturnya.

Tujuan pemasangan CCTV tersebut untuk melihat jumlah pengunjung yang datang apakah sesuai dengan pajak yang mereka bayarkan. 

“Kedua, itu juga merupakan salah satu upaya melaksanakan indikator yang dimaksud dalam program Makassar Recover. Kebetulan itu hari saya koordinator adaptasi sosial,” tuturnya. (*)

loading...

Posmakassar.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya